Sunday, August 12, 2012

Cara Mencegah Jerawat Secara Alamiah

Berikut akan dibahas cara perawatan wajah paling mendasar yang diperlukan untuk mencegah jerawat secara alamiah, yaitu :



1. Hindari produk yang memicu timbulnya jerawat.
Apakah Anda menggunakan  susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat atau shampo yang mengandung ginseng, dan conditioner. Bedak padat adalah produk yang memiliki zat comedogenic paling besar. Menggunakan bedak padat yang dipakai terlalu lama tak hanya menimbulkan komedo , tetapi juga jerawat. Gunakan bedak tabur. Jika Anda berjerawat pada bagian yang tersentuh rambut seperti dahi atau sisi wajah, kemungkinan shampo yang mengandung ginseng atau conditionerlah penyebabnya. Bilas rambut sampai benar-benar bersih dan cuci muka sesudah keramas, akan mengurangi efek samping residu yang menimbulkan masalah pada wajah Anda

2. Perhatikan makanan yang Anda makan
Makanan tertentu seperti  cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low, atau non flat), gorengan, santan, dan daging berlemak bisa memicu munculnya jerawat. Mungkin tidak semua bahan makanan ini bisa menimbulkan jerawat , jadi Anda yang harus menemukan mana yang menimbulkan reaksi bagi kulit Anda dan mana yang tidak. Jadi setiap kali jerawat muncul, ada baiknya Anda menganalisa makanan apa yang baru dimakan kemarin, sehingga Anda tahu apa yang harus dihindari.

3. Membersihkan muka
Cuci muka dua kali sehari. penyebab timbulnya jerawat adalah penyumbatan pori-pori kulit oleh debu/kotoran sehingga terjadi penimbunan cairan lemak didalam rongga pori-pori kulit yang kemudian membengkak, pecah dan infeksi ke berbagi bagian kulit.Namun ..jangan mencuci wajah apalagi menggosok secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cukup cuci wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.

4. Menjaga kondisi tubuh
Minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat. Rajin berolahraga, karena dengan berolahraga akan memperlancar perederan darah. Jika peredaran darah lancar, pori-pori kulit mudah membuka dan membuang kotoran didalamnya. Hal ini akan mengurangi keadaan penyumbatan pori-pori kulit akibat kotoran yang menempel diwajah.Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Namun jangan konsumsi vitamin E. Vitamin E yang ada secara alamiah pada makanan memiliki efek yang berbeda pada jerawat dibandingkan dengan vitamin E dalam bentuk kapsul. Vitamin E buatan justru cenderung membuat kulit berjerawat semakin parah. 

Dengan tubuh dan kulit yang sehat, bakteri jerawat akan sulit berkembang dan secara tidak langsung Anda mencegah munculnya jerawat secara alamiah. Selamat mencoba !



Tips Menarik Lainnya :
Mencegah Jerawat Secara Alamiah
Cara Membuat Jerawat Hilang dengan Masker Alamiah
Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Komedo
Kapan Menghentikan Pengobatan ?
Semakin Sering Memakai Obat Jerawat akan makin Cepat Sembuh ?

0 comments:

Post a Comment